Teamplate

JUDUL ARTIKEL HARUS RINGKAS, JELAS, DAN INFORMATIF MENGGAMBARKAN ISI PENELITIAN. JUMLAH KATA DALAM JUDUL MAKSIMAL 20 KATA (TIMES NEW ROMAN, UKURAN 14PT, 1 SPASI BOLD).

Nama lengkap penulis 1 tanpa gelar (12pt Bold)

Instansi dengan alamat lengkap (11pt)

Email contoh: kholilah@unukalbar.ac.id (11pt)

Nama lengkap Penulis 2 tanpa gelar (12pt Bold)

Instansi dengan alamat lengkap (11pt)

Email contoh: yunika.afryaningsih@gmail.com (11pt)

ABSTRACT (Time New Roman, size 12, capslock)

Abstracts are written in one paragraph using English and Indonesian. Abstract are written using Times New Roman letters, size 11 pt, 1 space. Maximum number of words in the abstract is 250 words. The structure of abstract writing must contain background problems; the aims and scope of the study; the method used; summary of results; conclusion.

 Keywords: keywords 1; keywords 2; keywords 3; (Write 3 to 5 words that contain the specific concept of the article. Written in lowercase letters and arranged in alphabetical order).

 

ABSTRAK (Time New Roman, size 12, capslock)

Abstrak ditulis dalam satu paragraf dengan menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Abstrak ditulis menggunakan Times New Roman, ukuran 11 pt, 1 spasi. Jumlah kata dalam abstrak maksimal 250 kata. Struktur penulisan abstrak harus mengandung Latarbelakang masalah; tujuan dan ruang lingkup penelitian; metode yang digunakan; ringkasan hasil; simpulan.

Kata Kunci: kata kunci 1; kata kunci 2; kata kunci 3 (Tuliskan 3 sampai 5 kata yang berisi konsep khusus dari artikel. Ditulis dengan huruf kecil dan disusun sesuai abjad).

 

 

PENDAHULUAN

Artikel ilmiah ditulis dengan format dua kolom. Huruf Times New Roman, ukuran 12pt, spasi 1,5 di kertas A4, dengan margin kiri 2,54 cm, kanan 2,54 cm, atas 3,00 cm, dan bawah 2,54 cm dengan jumlah halaman maksimal 20 halaman. Gaya penulisan menggunakan APA Style (Sumantri, 2017).

Pendahuluan harus mencakup masalah yang dikaji; urgensi mengangkat masalah yang dikaji; dan cara penulis membahas masalah tersebut. Penulis menguraikan inti masalah yang akan dibahas, latar belakangnya, dan posisi artikel penulis di tengah kajian-kajian terkait yang sedang dikaji. Penulis juga dapat menyebutkan alasan-alasan dan tujuan-tujuan pembahasan masalah dalam artikel yang dimaksud. Hal ini bermaksud untuk menunjukkan kontribusi keilmuan penulis dalam artikel yang ditulisnya dan pentingnya publikasi untuk tulisannya Penulis menguraikan metodologi atau metode yang digunakan dalam membahas masalah terkait.  Masalah tersebut didukung oleh konsep, teori dan hasil-hasil penelitian dari sumber-sumber pustaka yang relevan dan mutakhir

HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil yang ditampilkan dalam bagian ini harus menjadi pokok hasil (Times New Roman 12, normal, dan spasi 1). Pada bagian ini, artikel harus berisi hasil penelitian dan diskusi tentang jawaban dari permasalahan penelitian yang sudah ditetapkan sebelumnya. Hasil penelitian diuraikan berdasarkan ketentuan berikut:

2.1. Subbagian (dituliskan sesuai dengan kebutuhan kajian)

Tulisan selanjutnya dituliskan di sini.

2.1.1. Sub-subbagian

Tulisan selanjutnya dituliskan di sini.

2.2. Gambar dan Tabel

Penggunaan gambar dan tabel harus disebutkan di dalam teks dengan menyebutkan gambar 1; tabel 1 dan seterusnya.

Gambar 1 deskripsi gambar

Table 1. Tuliskan deskripsi tabel

Title 1

Title 2

Title 3

kolom 1

kata

kata

kolom 2

kata

kata 1

1dapat menambahkan penjelasan di footnote.

Pengutipan secara langsung dapat dituliskan seperti di bawah ini (indent):

Isi kutipan secara langsung. Kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan kutipan

Tulisan selanjutnya ditempatkan di sini

 

Penulis dapat menjelaskan lebih lanjut atas data yang dipaparkan di hasil temuan dengan menggunakan perspektif tertentu dari penelitian sebelumnya, atau teori yang relevan dengan kajian yang sedang dibahas. Komponen yang perlu diperhatikan pada bagian ini adalah: bagaimana hasil temuan harus mampu menjelaskan permasalahan yang disebutkan di awal kajian.

KESIMPULAN

Kesimpulan dapat bersifat generalisasi temuan sesuai permasalahan penelitian, dan berupa rekomendatif untuk langkah selanjutnya. Simpulan dapat menjelaskan saran-saran berupa masukan bagi peneliti berikutnya, dan rekomendasi implikatif dari temuan penelitian. (Times New Roman, 12, normal, dan spasi 1)

DAFTAR PUSTAKA

Semua rujukan-rujukan yang diacu di dalam teks artikel harus didaftarkan dibagian Daftar Pustaka. Penulisan daftar pustaka (bibliography) dan kutipan (citation) dengan APA style disarankan menggunakan aplikasi Mendeley. Daftar rujukan diurut secara alfabetis dan disusun dengan sistematika APA style seperti contoh di bawah ini:

Buku:

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

Bagian dari buku

Weir BS. 1996. Intraspecific differentiation. dalam: Hillis DM, Moritz C, Mable BK (eds). Molecular Systematics. Edisi kedua. Massachusetts: Sinauer Assc. h. 385-405.

JURNAL:

Wahyudi AT, Takeyama H, Okamura Y, Fukuda Y, Matsunaga T. 2003. Characterization of aldehyde ferredoxin oxidore-ductase-gene defective mutant dalam Magnetospirillum magneticum AMB-1. Biochem Biophys Res Commun 303:223-229.